Senin, 29 April 2013

PENGERTIAN KANKER LIDAH ATAU KANKER MULUT

Kanker Mulut atau yang bahasa kedokterannya Oral Cancer adalah sejenis Kanker yang tumbuh disekitar Mulut. Kanker mulut ini dapat berkembang dalam setiap bagian rongga Mulut atau Orofaring. Kebanyakan Kanker mulut dimulai dari Lidan dan didasar Mulut. Hampir semua Kanker mulut dimulai didalam sel Datar (Sel Skuamosa) yang menutupi permukaan mulut, lidah, dan bibir. Kanker ini disebut dengan Karsinoma Sel Skuamosa. Ketika kanker menyebar Oral (metastasizesm biasanya akan melalui sistem Limfatik. Kanker Sel-sel yang memasuki sistem Limfatik yang terbawa oleh getak Bening, Cairan, Jelas Berair. Sel-sel juga dapat menyebar ke bagian lain dari Leher, Paru-paru hingga bagian-bagian lainnya yang ada ditubuh.


Pengertian Kanker Lidah atau Kanker Mulut

Ketika ini terjadi, tumor baru mempunyai jenis yang sama sel-sel abnormal sebagai tumor Primer. Sebagai contoh, jika kanker mulut menyebar ke paru-paru pasti sel kanker yang ada di paru-paru adalah sel kanker mulut. Penyakit ini metastatis kanker mulut, bukan kanker paru-paru. Hal ini diperlakukan sebagai Kanker mulut, bukan kanker Paru-paru. Dokter kadang-kadang menyebut tumor baru "jauh" atau penyakit metastatis.

Penyebab dan Gejala

Timbulnya kanker mulut disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak terkontrol dan membuat gangguan pada jaringan disekitarnya seperti kepala dan leher. Sel-sel normal memiliki siklus hidup-mati. Namun, itu tidak terjadi pada sel penyebab kanker mulut.

Mereka terus bermutasi, menyebar, dan menyerang organ-organ disekitar sehingga menyebabkan kondisi abnormal dalam mulut. Penyebab timbulnya kanker mulut tersebut bisa disebabkan karena konsumsi alkohol, konsumsi tembakau baik dengan merokok atau menginang, dan juga karena faktor keturunan.

Terdapat banyak faktor risiko yang dapat menyebabkan kanker mulut. Berdasrakan beberapa penelitian terdapat faktor-faktor risiko tertentu yang menyebabkan kanker mulut antara lain :
  1. Rokok/Tembakau
  2. Minuman beralkohol
  3. Terkena sinar matahari
  4. Riwayat kanker kepala dan leher
Banyak peneliti yang juga mengatakan bahwa kekurangan memakan buah-buahan serta sayuran dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker mulut.

Gejala

Gejala kanker pada mulut dapat dilihat dari sejumlah ketidaknormalan yang terjadi pada mulut. Seperti pembengkakan pada mulut, perdarahan yang tidak jelas sebabnya, timbulnya rasa nyeri di bagian yang ditumbuhi sel kanker, suara jadi serak berkepanjangan, dan mengalami kesulitan untuk mengunyah, menelan, dan bahkan berbicara. Selain itu tanda lainnya juga berupa:
  1. Adanya luka atau sakit pada wajah, leher, serta ulcus atau sariawan dalam mulut yang tidak kunjung hilang dalam waktu 2 minggu.
  2. Pembengkakan, perbesaran maupun benjolan pada gusi, bibir dan bagian lain di dalam mulut.
  3. Adanya bercak putih, merah atau gelap di dalam mulut.
  4. Perdarahan yg berulang dari gusi atau luka dalam mulut.
  5. Rasa kebal di sekitar wajah dan mulut dan leher.
  6. Gigi-gigi yang goyang tanpa penyebab yang jelas.
Beberapa tanda dan gejala yang sering dijumpai pada penderita kanker mulut, antara lain :
  1. Sariawan pada bibir yang lama tidak sembuh
  2. Bercak di dalam mulut atau bibir berwarna putih, merah, atau campuran merah dan putih
  3. Nyeri pada bibir atau mulut
  4. Pendarahan di mulut
  5. Kehilangan gigi
  6. Sulit atau nyeri saat menelan
  7. Sulit memakai gigi palsu
  8. Benjolan di leher
  9. Nyeri pada telinga
Tidak semua gejala diatas merupakan gejala kanker. Terkadang infeksi juga dapat menyebabkan gejala tersebut. Untuk memastikannya lebih jelasnya lebih baik anda memeriksanya ke dokter ahli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar